BBayar jajanan, belanjaan, tagihan, aplikasi, sampai top up game, semua jadi lebih mudah pakai GoPay. Bahkan, sekarang kamu juga udah bisa transfer-transferan saldo GoPay juga! Namun, sekarang juga banyak pihak yang nggak bertanggung jawab dan suka menyalahgunakan kemudahan pakai GoPay, serta limit yang tersedia dalam GoPay Later dan GoPay Pinjam. Biar transaksi kamu selalu aman, jadilah pengguna yang pintar dengan selalu waspada dan laporkan hal-hal mencurigakan.
Yuk, pelajari beberapa skema penipuan berikut ini biar kamu bisa mencegahnya!
- Penipuan untuk Mengunduh File Berformat .APK atau .JPG
- Penipuan Saat Belanja Online
- Selalu Waspada Penipuan Mengatasnamakan GoPay, GoPay Later, atau Gojek
- Ada yang Minta PIN atau Kode OTP?
1. Penipuan untuk Mengunduh File Berformat .APK atau .JPG
Waspada modus penipuan baru melalui pesan WhatsApp! Pelaku akan mengarahkan calon korban untuk mengunduh file berformat aplikasi atau file .APK atau .JPG dan meminta untuk klik atau mengunduh file tersebut. Ketika diklik atau diunduh, file .APK atau .JPG tersebut akan secara otomatis terinstal di HP calon korban.
Kemudian, akan muncul notifikasi permintaan izin akses yang nantinya memperbolehkan pelaku untuk mengakses seluruh data pribadi korban termasuk akun Gojek, akun bank, dan informasi penting lainnya.
Jangan klik atau pun mengunduh file tersebut untuk melindungi data pribadimu!
Berikut beberapa contoh motif penipuan yang mungkin dilakukan. Pelaku dapat melakukan bermacam-macam metode penipuan lainnya, jadi selalu waspada dan berhati-hati ya!
- Mengatasnamakan pihak kurir dan meminta calon korban untuk mengunduh file .APK atau klik link untuk cek resi dan/atau melihat foto paket.
- Mengirimkan undangan pernikahan.
- Mengatasnamakan pihak kepolisian dan memberikan surat tilang.
- Mengaku dari pihak DJP dan menginformasikan dokumen pajak.
Apa yang harus dilakukan jika sudah terlanjur mengunduh/klik file tersebut?
- Backup data-data yang penting, lalu hapus semua data dengan mereset handphone-mu ke setelan pabrik (factory reset).
- Segera ganti data-data pribadi yang ada di GoPay/Gojek seperti nomor handphone, email dan PIN.
Pastikan kamu hanya menginstal aplikasi dari Apple Store, Google Play Store, atau sumber tepercaya lainnya.
2. Penipuan Saat Belanja Online
Waspada penipuan pembayaran online yang menggunakan MAGIS, manipulasi psikologis. Tetap waspada sebelum kamu membeli apa pun, jangan lupa untuk selalu cek kembali pihak ketiga yang menggunakan GoPay sebagai metode pembayaran. Simak beberapa ciri-ciri penipuan yang harus kamu waspadai di bawah ini!
A. Beli Item atau Top Up Game
Nggak sedikit orang yang mengalami penipuan saat membeli item atau top up game melalui iklan-iklan menggiurkan di sosial media. Jangan sampai kamu kena juga, ketahui dulu ciri-cirinya berikut ini:

Untuk beli aplikasi atau pun top up game, kamu bisa memilih Rekan Usaha yang resmi bekerjasama dengan GoPay seperti Google Play, Codashop, UniPin, MPL, dan Wawa Games. Kamu bisa cek info promo games di sini.
B. Beli Akun Streaming
Memang, beli akun streaming film atau musik di sosial media terlihat begitu menggiurkan karena harganya murah. Namun, ada banyak bahaya mengikutimu saat penjual tidak resmi menawarkan sharing account seperti ini, yaitu:

Jika kamu ingin berlangganan aplikasi streaming film seperti Viu, iQIYI, WeTV, Vidio, atau Disney+ Hotstar, serta aplikasi streaming musik seperti Spotify atau JOOX, pilihlah Rekan Usaha resmi dan gunakan pembayaran GoPay agar lebih praktis dan aman. Kamu bisa cek info promo di sini.
Cek Halaman Bantuan untuk membaca lebih lanjut tentang pelaporan kejadian penipuan. Jelaskan kronologi kejadian lampirkan bukti-bukti kejadian seperti:
- Link akun sosial media penipu
- Nomor telepon atau rekening penipu
- Bukti top up
- Bukti transaksi
- Bukti pembicaraan dengan penipu
- Bukti lapor ke polisi (opsional)
3. Selalu Waspada Penipuan Mengatasnamakan GoPay, GoPay Later, atau Gojek
Hati-hati juga pada pihak yang mengatasnamakan GoPay, GoPay Later, GoPay Pinjam, atau Gojek di beragam kanal media sosial. Akun palsu GoPay ini sering kali menggunakan nama dan logo yang menyerupai akun resmi, serta memanfaatkan iklan berbayar di platform seperti Facebook dan Instagram untuk menjangkau korban.
Modus penipuan GoPay yang biasa digunakan pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab tersebut, antara lain:
-
Mengomentari unggahan resmi GoPay dengan menawarkan bantuan layanan pelanggan dan menyertakan tautan mencurigakan seperti bit.ly atau wa.me yang mengarah ke akun WhatsApp palsu.
-
Mengirim pesan langsung atau DM kepada pengguna dengan dalih memberikan promo atau bantuan, lalu meminta informasi pribadi seperti nomor telepon, PIN, atau kode OTP.
- Membuat iklan palsu yang menawarkan produk atau layanan dengan harga miring, yang sebenarnya bertujuan untuk mencuri data pengguna.
Ketahui bahwa GoPay hanya memiliki akun-akun media sosial resmi berikut yang telah terverifikasi (ditandai dengan centang biru):
- Twitter GoPay: @gopayindonesia
- Facebook GoPay: @gopayindonesia
- Instagram GoPay: @gopayindonesia
- Instagram GoPay Merchant: @gopaymerchant
- Email GoPay: customerservice@gopay.co.id
- Email GoPay: merchant@gopay.co.id
- Email GoPay Later: support@mab.co.id
- Email GoPay Pinjam: support@findaya.com
- Call Center: 1500729
4. Ada yang Minta PIN atau Kode OTP?
Agar transaksi atau pengisian GoPay melalui OneKlik kamu selalu aman dan terjaga, jangan lupa untuk pasang PIN (Personal Identification Number). Ingat selalu untuk tidak membagikan kode OTP (One Time Password) saat kamu log in di aplikasi Gojek atau saat aktivasi OneKlik.
Gojek maupun GoPay tidak pernah meminta PIN atau kode OTP dengan alasan apapun. Rahasia ini jangan kamu bagikan ke siapa pun, ya!
Ingat Selalu JAGA
Terapkan JAGA setiap transaksi supaya kamu terhindar dari modus penipuan.
J: Jadi lebih teliti saat melakukan transaksi dengan GoPay.
A: Amankan data pribadi, jangan bagikan kode OTP.
G: Gunakan PIN. Hindari pemakaian PIN yang sama untuk berbagai akun dan hindari kombinasi angka yang mudah (seperti tanggal lahir atau angka berurutan).
A: Adukan hal mencurigakan melalui email dan halaman resmi.
Perhatikan Pesan Pop-Up Sebelum Transfer
GoPay juga turut berupaya untuk meningkatkan kewaspadaan penggunanya lewat teknologi. Salah satunya dengan pesan pop-up saat pengguna pertama kali mengirimkan saldo GoPay ke nomor yang tidak ada di kontak seperti berikut ini.

Jika kamu melihat tampilan pesan pop-up ini, jangan lupa untuk cek kembali reputasi penjual atau penerima saldo GoPay, agar transaksimu selalu aman. Klik tombol “Lanjut” atau “Proceed”, jika sudah benar-benar yakin. Namun, jika ternyata mencurigakan, kamu bisa klik tombol “Laporkan” atau “Report”.
Jika kamu mengalami kendala atau menerima permintaan mencurigakan, segera adukan melalui email customerservice@gopay.co.id.
Yuk, kasih tau teman-teman dan keluargamu untuk selalu waspada penipuan pembayaran online agar #AmanBersamaGoPay setiap saat!