Jika ha-hal berikut terjadi ketika pelanggan melakukan pembayaran menggunakan QRIS:
- Pelanggan kelebihan membayar/membayar dua kali untuk transaksi yang sama
- Barang yang hendak dibeli tidak diserahkan karena pembayaran sempat tertunda, namun akhirnya diterima
Anda bisa mengembalikan uang pelanggan dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini:
- Pastikan Anda sudah update aplikasi ke versi terbaru.
- Klik ‘Lihat semua aktivitas’ di Beranda untuk mengakses riwayat transaksi.
- Cari dan pilih transaksi yang ingin dikembalikan pembayarannya.
Cek metode pembayaran, nominal, dan waktu transaksi untuk memastikan Anda memilih transaksi yang benar. - Klik tombol ‘Pengembalian uang’ di bawah halaman.
- Masukkan jumlah uang yang ingin dikembalikan (bisa seluruhnya atau sebagian) dan tuliskan catatan jika perlu.
- Jika sudah yakin, klik ‘Proses pengembalian uang’.
Pengembalian uang akan diterima pelanggan di aplikasi yang sebelumnya digunakan untuk melakukan pembayaran.
Jika status pengembalian sudah berubah menjadi “sukses”, artinya pelanggan seharusnya sudah menerimanya.
Penting!
- Pengembalian uang hanya bisa dilakukan hingga 4 hari (96 jam) sejak transaksi terjadi.
Setelah itu, tombol tidak akan bisa diklik. Silakan selesaikan kendala secara langsung dengan pelanggan.
- Pastikan saldo toko Anda mencukupi untuk dilakukan pemotongan.
- Pengembalian uang tidak bisa dilakukan ke tujuan lain selain ke akun bank/e-wallet yang sebelumnya pelanggan gunakan untuk melakukan pembayaran.