Di era digital seperti sekarang, teknologi terus berkembang untuk memudahkan hidup kita, termasuk dalam menjalankan bisnis. Kamu yang memiliki usaha berskala mikro, kecil, atau menengah juga bisa memanfaatkan teknologi pembayaran canggih tanpa perlu ribet. Salah satu caranya adalah dengan mengetahui cara daftar GoPay Merchant! Kenapa?
Dengan menjadi bagian dari ekosistem GoPay, kamu bisa memberikan alur transaksi yang lebih praktis dan cepat bagi pelanggan, sekaligus memperbesar peluang kesuksesan bisnis dalam jangka panjang. Soalnya, ada banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan ketika kamu resmi menjadi GoPay Merchant, lho. Tapi, bagaimana cara bergabungnya? Tenang, langkah-langkahnya sama sekali tidak ribet. Yuk, kita pelajari selengkapnya di sini!
Apa Itu GoPay Merchant?
GoPay Merchant adalah aplikasi khusus dari Gojek untuk memfasilitasi pembayaran digital yang lebih mudah bagi pemilik usaha. Bagaimana bisa? Sebab, aplikasi GoPay Merchant menggunakan kode QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard) yang mendukung aneka aplikasi e-wallet dan mobile banking. Dengan begitu, pelanggan bisa membayar dengan mudah lewat berbagai metode cashless.
Cara Daftar GoPay Merchant
Bagaimanakah kamu bisa bergabung sebagai GoPay Merchant? Gampang, kamu tinggal ikuti cara daftar GoPay Merchant yang sederhana di bawah ini:
1. Download aplikasi GoPay Merchant versi terbaru
Pertama, kamu perlu men-download aplikasi GoPay Merchant di Google Play Store (untuk smartphone Android) atau App Store (untuk smartphone iOS). Pastikan kamu mengunduh versi terbaru agar semua fitur tersedia dan berfungsi dengan baik. Setelah download selesai, buka aplikasi tersebut untuk memulai proses pendaftaran selanjutnya.
2. Verifikasi nomor HP
Berikutnya, masukkan nomor HP aktif yang akan digunakan untuk akun GoPay Merchant kamu. Pastikan nomor ini adalah nomor yang sering kamu gunakan dan masih aktif, ya! Soalnya, kamu akan menerima semua notifikasi dan informasi penting di nomor tersebut. Termasuk, untuk tahap berikutnya dalam cara daftar GoPay Merchant.
3. Verifikasi Kode OTP
Setelah memasukkan nomor HP, kamu akan menerima kode OTP (One-Time Password) melalui SMS. Masukkan kode ini ke dalam aplikasi untuk memverifikasi nomor HP kamu, dan pastikan tidak ada angka yang salah ketik. Langkah ini memastikan bahwa nomor yang kamu gunakan memang valid dan aktif. Jadi, jangan lupa untuk selalu menjaga kerahasiaan kode ini dan jangan beri tahukan kepada pihak lain, termasuk GoPay!
4. Masukkan email usaha
Selanjutnya, kamu perlu memasukkan alamat email. Email ini penting untuk menerima laporan transaksi dan informasi penting lainnya dari GoPay. Maka dari itu, pastikan kamu menggunakan email yang aktif dan sering kamu akses. Lalu, agar kamu tidak mudah melewatkan update terbaru sebagai GoPay Merchant melalui email, sebaiknya kamu menggunakan email khusus untuk usaha yang terpisah dengan inbox pribadi.
5. Lakukan verifikasi KTP dan selfie wajah
Untuk memastikan keamanan dan validitas akun kamu, proses pendaftaran GoPay Merchant membutuhkan verifikasi identitas. Unggah foto KTP asli kamu (bukan hasil fotokopi atau scan) sesuai dengan instruksi di aplikasi, dan pastikan foto serta isi KTP kamu masih terlihat jelas. Dengan begini, kamu bisa menghindari risiko pendaftaran gagal dan ditolak.
Setelah itu, lakukan selfie sesuai petunjuk yang tertera di aplikasi. Setelah itu, lakukan selfie wajah dengan jelas dan sesuai petunjuk. Pastikan kamu menjalani tahap ini di tempat dengan pencahayaan yang terang supaya wajahmu terlihat jelas, dan proses pendaftarannya lebih cepat diterima.
6. Masukkan detail usaha
Kalau kamu sudah melewati tahap verifikasi KTP dan selfie wajah, sekaranglah saatnya mendaftarkan detail usahamu. Masukkan semua informasi usahamu dengan lengkap dan jelas, mulai dari nama usaha, alamat toko, jenis usaha, hingga foto KTP pemilik usaha. Pastikan semua data yang kamu isi benar dan sesuai dengan kondisi usaha kamu. Tunggu hingga proses verifikasi dari PTEN selesai, dan kamu bisa melanjutkan ke tahapan berikutnya
7. Daftarkan rekening bank
Setelah detail usahamu sudah terverifikasi oleh PTEN, langkah terakhir adalah mendaftarkan rekening bank untuk usahamu. Masukkan nama bank, nomor rekening, dan pemilik rekening dengan benar agar kamu bisa mencairkan pemasukan usaha dari aplikasi GoPay Merchant. Jangan lupa untuk menggunakan rekening yang aktif dan kamu kelola secara langsung supaya proses pencairan pendapatanmu lebih lancar.
Kelebihan Mendaftar GoPay Merchant
Apa saja sih, kelebihan mendaftarkan usaha melalui aplikasi GoPay Merchant? Ini dia jawabannya:
Pendaftaran mudah dan cepat
Kamu tidak perlu repot mengurus dokumen atau proses yang rumit untuk menjadi GoPay Merchant, lho! Soalnya, dengan waktu kurang dari 1 jam saja, kamu bisa menyelesaikan pendaftaran 100% secara online melalui aplikasi GoPay Merchant di smartphone-mu.
Bahkan, hanya dalam beberapa langkah sederhana seperti di atas, kamu sudah bisa mendapatkan QRIS secara gratis! Apalagi, QRIS ini juga langsung aktif setelah kamu terdaftar, sehingga kamu bisa segera menerima pembayaran dari pelanggan dengan metode tersebut. Ini jelas memudahkan kamu sebagai owner yang sibuk mengurus operasional bisnis setiap harinya dan merancang strategi mengembangkan usaha.
Baca juga: Owner Adalah Orang Penting dalam Bisnis, Ini Tugasnya!
Biaya pendaftaran gratis
Pernah bertanya-tanya kamu harus menyiapkan modal berapa untuk bergabung sebagai GoPay Merchant? Tenang, kamu sama sekali tidak perlu membayar uang pendaftaran! Justru, pendaftaran GoPay Merchant 100% gratis, kok. Ini juga mencakup saat kamu ingin membuat kode QRIS untuk usahamu.
Dengan begini, kamu bisa fokus mengalokasikan uang untuk kebutuhan bisnis lain yang lebih penting, seperti menambah stok barang, melakukan promosi, membayar pajak usaha, merekrut tenaga kerja tambahan, membayar gaji karyawan, dan masih banyak lagi.
Bebas MDR
Mungkin saja, kamu pernah ragu-ragu menerima pembayaran QRIS di tempat usahamu karena takut akan dikenakan biaya tambahan untuk metode pembayaran tersebut. Tapi, jangan khawatir! Justru, menjadi GoPay Merchant bisa membantumu berhemat kalau kamu menyediakan metode pembayaran QRIS.
Sebab, per tanggal 1 Desember 2024, ada program MDR 0% untuk Usaha Mikro (UMI) hingga Rp500 ribu. Dengan kata lain, kalau total nominal transaksi pelanggan di tokomu tidak melebihi Rp500 ribu, kamu tidak akan dikenakan potongan biaya sama sekali. Program ini akan sangat membantu pengusaha kecil karena kamu bisa menikmati keuntungan dari hasil transaksi secara full tanpa harus memikirkan pengurangan untuk biaya administrasi.
Baca juga: Serba-serbi MDR 0% untuk Transaksi QRIS Usaha Mikro, Simak!
Bisa mencairkan uang di mana saja dan kapan saja
Umumnya, kamu perlu menunggu 1 hari jika ingin mencairkan uang ke rekening usaha. Sebab, pihak penghubung antara bank dan merchant memerlukan waktu tersebut untuk memproses pencairan tersebut. Tentunya, ini akan sangat menyulitkan kalau kamu punya kebutuhan operasional yang harus dilunasi pada hari itu juga.
Tenang, kamu tidak akan mengalami masalah ini dengan bergabung sebagai GoPay Merchant! Soalnya, aplikasi GoPay Merchant menawarkan fitur untuk mencairkan pendapatan usahamu kapan pun tanpa dikenakan biaya tambahan, dan kamu akan menerima uang tersebut di rekening usahamu pada hari yang sama. Praktis, kan?
Aman
Soal keamanan, kamu tidak perlu khawatir lagi. Aplikasi GoPay Merchant sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Dengan kata lain, GoPay Merchant sudah mengikuti regulasi resmi yang berlaku untuk menjamin perlindungan bagimu sebagai pelaku usaha, sekaligus pelanggan. Sehingga, kamu akan terbebas dari risiko keamanan uang, privasi data, dan masalah lainnya.
Baca juga: Modus Penipuan QRIS dan Cara Mengatasinya
Manfaat Mendaftar sebagai GoPay Merchant
Selain kelebihannya, ada banyak manfaat praktis yang bisa kamu rasakan saat bergabung dengan GoPay Merchant. Berikut adalah contohnya:
Bisa menerima berbagai metode pembayaran dengan mudah
Saat kamu bergabung menjadi GoPay Merchant, kamu akan otomatis mendapatkan QRIS. Nah, kalau kamu sudah punya kode QRIS ini, kamu tidak perlu menyediakan alat tambahan atau sistem yang rumit! Kenapa?
Cukup dengan satu kode saja, kamu bisa menerima pembayaran dari banyak aplikasi e-wallet dan mobile banking yang populer di Indonesia. Jadi, apa pun aplikasi pembayaran yang pelanggan gunakan, kamu tetap bisa melayani mereka. Dengan begitu, mereka tidak akan mudah berubah pikiran dan meninggalkan tokomu untuk mencari tempat lain yang menerima lebih banyak metode pembayaran.
Baca juga: 6 Manfaat Menggunakan QRIS untuk UMKM
Mempermudah pembukuan bisnis
Pernahkah kamu merasa pusing ketika harus merekonsiliasi setiap transaksi secara manual? Dengan aplikasi GoPay Merchant, kamu tidak perlu mengalaminya lagi! Sebab, semua transaksi QRIS akan terekap secara otomatis di aplikasi GoPay Merchant, dan kamu tidak perlu mengecek setiap salinan struk satu per satu.
Fitur ini tentunya akan mempermudahmu mencatat pemasukan tanpa menulis tiap butir secara manual. Jadi, tidak perlu lagi deh, menghabiskan terlalu banyak waktu hanya untuk rekonsiliasi. Nah, pada akhirnya, kamu pun bisa lebih fokus menganalisis performa usahamu dengan laporan yang sudah rapi dan mengambil keputusan bisnis yang lebih terarah.
Melindungi usaha dari uang palsu
Salah satu risiko utama dari pembayaran tunai adalah peredaran uang palsu. Tentunya, ini akan sangat merugikanmu sebagai pemilik usaha. Untuk menangkalnya, kamu perlu alat tambahan khusus seperti lampu ungu yang berguna mendeteksi keaslian sebuah uang kertas.
Masalahnya, perangkat ini membutuhkan biaya ekstra dan proses mengecek uang tunai di setiap transaksi bisa menghambat antrean. Terutama, kalau kamu sedang melayani banyak pelanggan di jam sibuk.
Tapi, menerima pembayaran cashless dengan menjadi GoPay Merchant justru akan melindungimu dari uang palsu! Soalnya, kalau pelanggan membayar menggunakan QRIS, saldo dari rekening bank atau akun e-wallet akan langsung terpotong dan masuk ke aplikasi GoPay Merchant. Jadi, transaksi pun lebih praktis, dan kamu tidak perlu mengkhawatirkan apakah kamu akan menerima uang palsu atau asli!
Bisa menyewa GoPay Spiker
Setelah menerima metode pembayaran cashless di tempat usahamu, mungkin saja kamu pernah merasa tidak yakin apakah uang dari pelanggan sudah benar-benar masuk ke rekeningmu. Kalaupun sudah diterima, kamu bisa saja khawatir apakah nominal yang diinput sudah benar sesuai daftar harga. Karena itulah, kamu jadi lebih terdorong untuk mengecek aplikasi keuangan berulang kali sebelum bisa mengerjakan pesanan pelanggan. Padahal, ini bisa semakin memperpanjang antrean pada jam sibuk!
Untungnya, menjadi GoPay Merchant akan memberimu akses alat yang bisa mengatasi masalah ini, yaitu GoPay Spiker. Apa itu? Sederhananya, ini adalah QRIS soundbox yang akan memberimu notifikasi ketika kamu sudah menerima pembayaran di aplikasi GoPay Merchant. Misalnya, kalau pelanggan membayar Rp25 ribu, GoPay Spiker akan melafalkan, “Dua puluh lima ribu telah diterima GoPay.”
Dengan begitu, kamu tidak perlu menghabiskan banyak waktu untuk melihat aplikasi perbankan lebih dari sekali. Jadi, kamu dapat langsung melayani pelanggan dalam waktu lebih singkat. Pembeli puas, antrean berkurang, dan sumber pemasukan makin bertambah karena kamu punya lebih banyak pelanggan setia!
Baca juga: Pengantar GoPay Spiker yang Praktis buat GoPay Merchant
Bisa mengakses GoModal
Kalau kamu punya usaha berskala mikro atau kecil, mungkin kamu pernah bingung harus mendapatkan modal tambahan dari mana untuk mengembangkan bisnis. Misalnya, dengan menjalankan campaign promosi kreatif, merekrut pegawai tambahan, membeli alat baru, atau kebutuhan lainnya. Di situasi seperti ini, jangan berkecil hati dulu! Justru, menjadi GoPay Merchant bisa membantumu.
Soalnya, di aplikasi GoPay Merchant, ada fitur GoModal yang bisa memberikan modal ekstra hingga Rp180 juta dengan suku bunga yang bersaing, tanpa perlu agunan apa pun! Bahkan, tenor pelunasannya juga sangat fleksibel, yaitu sampai 24 bulan. Jadi, kamu bisa memilih durasi pembayaran yang paling sesuai dengan kemampuan dan kesehatan finansial usahamu.
Selain itu, kamu hanya perlu membayar biaya pokok dan bunga untuk limit yang digunakan, dan kamu pun bisa mengaktifkan limit tanpa dikenakan biaya tambahan. Lantas, bagaimana cara mengakses fitur ini? Mudah, kamu hanya perlu sering-sering bertransaksi dengan aplikasi GoPay Merchant! Dengan begitu, peluangmu menjadi merchant terpilih yang bisa mendapatkan fitur GoModal pun akan lebih tinggi.
Baca juga: Cara Kembangkan Usaha dengan GoPay Pinjam Modal, Simak!
Cara daftar GoPay Merchant ternyata sangat mudah, kan? Kalau dirangkum, kamu hanya perlu menyiapkan KTP, smartphone dengan aplikasi GoPay Merchant versi terbaru, dan koneksi internet yang stabil. Jadi, kamu bisa menyelesaikan proses pendaftarannya dalam waktu kurang dari 1 jam kapan saja dan di mana saja, asalkan pencahayaan tempatnya memadai untuk proses verifikasi wajah.
Proses daftar GoPay Merchant yang singkat pun juga sangat mudah karena hanya terdiri dari input nomor HP dan alamat email aktif, verifikasi kode OTP, mengisi detail usaha, upload foto KTP serta selfie wajah, dan melengkapi detail rekening bank. Setelah itu pun, kamu akan mendapatkan QRIS yang bisa langsung digunakan, sehingga kamu tidak perlu menunggu lama lagi untuk mulai menerima berbagai metode pembayaran cashless.
Tapi, manfaat menjadi GoPay Merchant tidak berhenti sampai di bisa mendapat QRIS gratis langsung jadi! Justru, kamu bisa mempermudah proses pembukuan transaksi harian, mencegah peredaran uang palsu di usahamu, menjaga kepuasan pelanggan, dan mengakses berbagai fitur khusus GoPay Merchant. Contohnya,a ada GoPay Spiker yang mampu mempersingkat waktu pelayanan dengan melafalkan nominal transaksi yang berhasil dan GoModal yang memberi GoPay Merchant terpilih modal tambahan untuk bermacam-macam kebutuhan bisnis.
Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, kembangkan usahamu sekarang supaya bisa semakin bersaing di era digital yang semakin serba cepat, dan download aplikasi GoPay Merchant di smartphone-mu untuk mendaftar!